Pages

Subscribe:

9 Jembatan Tercantik Di Dunia

Menurut wikipedia, Jembatan merupakan satu struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Ia dibangun untuk membolehkan laluan pejalan kaki, pemandu kenderaan atau kereta api di atas halangan itu. Namun seiring berjalannya waktu, pembangunan jembatan tidak hanya berdasarkan fungsi lagi, namun juga estetika. Seniman insinyur jembatan dari seluruh dunia berlomba-lomba untuk membuat jembatan yang kuat, tahan lama, massive, namun juga nyaman digunakan, indah dipandang dan memberi rasa aman saat melewatinya. Bersama komunikan mari sama-sama kita lihat 9 jembatan tercantik, terkuat dan terawet di dunia.

1. Banpo Bridge (Korea Selatan): The Fountain Bridge

Pada 9 September 2008, Banpo Jembatan di Seoul (Korea Selatan) mendapat facelift utama: 10.000 kran air mancur yang berjalan sepanjang jalan di kedua sisinya. Segera setelah dipasang, jembatan berubah menjadi wisata utama, sebagai jembatan pompa keluar 190 ton air per menit dengan menggunakan air dari sungai di bawah ini.

2. Millau Bridge (France): World’s Tallest Vehicular Bridge
Menjulang tinggi di atas 1.125-ft Tarn Valley di selatan Perancis, mengemudi di sepanjang Jembatan Millau dikatakan merasa seperti terbang. Jembatan ini memiliki tinggi sedikit lebih tinggi daripada menara Eiffel. Walaupun memiliki pemandangan yang sangat indah, namun jangan berani-berani melintas disini kalau kabut sudah turun. Jembatan dengan total panjang 8.071-ft dengan span tunggal terpanjang di 1.122-ft dan maksimum di bawah izin dari 886-ft akan menjadi mimpi buruk bagi siapapun yang melewatinya didalam kabut.

3. Henderson Waves (Singapura): Most Beautiful Pedestrian Bridge
Pada ketinggian 36 meter atau 12 lantai dari tanah, terpajanglah kelak kelok Henderson Waves. Jembatan ini merupakan jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura. Jembatan sepanjang 300 meter ini menghubungkan taman-taman di sepanjang Mount Faber dan Lembah Telok Blangah.

4. Hangzhou Bay Bridge (Cina): World’s Longest Trans-Oceanic Bridge

Di Teluk Hangzhou telah dibangun trans-oceanic terpanjang di dunia jembatan, dengan 35.673 kilometer (22 mil) panjangnya jalur dengan enam tol dalam dua arah.

Jembatan ini dibangun untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di kawasan yang berkembang pesat, memotong waktu mengemudi antara Shanghai dan Ningbo dari empat sampai dua dan setengah jam .Akhirnya dibuka untuk umum pada tanggal 1 Mei 2008. Total Investasi di jembatan itu RMB 11,8 miliar (sekitar US $ 1,4 miliar.)

5. Rolling Bridge (UK): The Bridge that Curls Up on Itself
Dirancang oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge Paddington Basin terletak di London. Alih-alih sebuah jembatan membuka mekanisme konvensional yang terdiri dari satu elemen yang mengangkat kaku untuk membiarkan perahu lewat, Jembatan Gulung membuka dengan meringkuk sampai kedua ujungnya bersentuhan.

6. Oliveira Bridge (Brasil)
Jembatan Oliviera adalah jembatan pertama di dunia yang berbentuk huruf “X”. Baik jembatan maupun tiangnya, semua bersilangan dan membentuk huruf “X”. Memiliki nama resmi: “The Octavio Frias de Oliveira”, Jembatan di atas Sungai Pinheiros di São Paulo, Brazil ini dibuka pada Mei 2008. Jembatan ini memili tinggi 138 meter (450 kaki). Designnya yang unik berhasil mengantarkan jembatan memperoleh banyak penghargaan.

7. Wind and Rain Bridge (China): Dong people’s bridge

Wind and Rain Bridge melambangkan Arsitektur dari orang minoritas Dong. Wind and Rain Bridge di Diping adalah yang terbesar dari tipenya yang ada di Propinsi Guizhou, tempat terbesar Cina kehidupan masyarakat Dong.

Jembatan yang lebih dari 50 meter panjang dan hal ini pertama kali dibangun pada tahun 1894 selama masa Dinasti Qing lebih dari 100 tahun yang lalu. Namun, struktur asli hancur dalam kebakaran besar pada tahun 1959 dan satu pengunjung melihat hari ini adalah pembuatan kembali yang selesai pada tahun 1964.

8.Tower Bridge (Inggris): Paling Terkenal dan Jembatan cantik Victoria
Selesai pada tahun 1894 dan dirancang oleh Horace Jones dan Wolfe Barry, adalah salah satu jembatan yang paling terkenal di London dan salah satu paling indah di dunia. panjang jembatan 800-kaki memiliki  jarak ruangan 28 kaki ketika tertutup, tetapi menjadi 140 kaki ketika jembatan membuka untuk memungkinkan kapal-kapal untuk melewatinya.

9. Suramadu Bridge Nasional (Indonesia)

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan melintasi Selat Madura, yang menghubungkan pulau Jawa (di Surabaya) dan pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan terpanjang di Asia Tenggara adalah Jembatan Penang di Malaysia. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian dari jalan layang (jalan lintas), jembatan (jembatan pendekatan), dan jembatan utama.

Konstruksi jembatan didirikan awal oleh Presiden Megawati Sukarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, termasuk infrastruktur dan bidang ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.

Membuat jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, kedua sisi Bangkalan dan Surabaya. Sementara itu, pada saat yang sama juga membuat perkembangan rentang tengah pendekatan jembatan dan jembatan.

0 COMMENT:

Posting Komentar