Subscribe:

Kenapa Air Laut Rasanya Asin ?



Mengapa air laut rasanya asin ? Fenomena ini banyak yang mempertanyakan dan mungkin banyak pula yang belum tahu jawabannya . Untuk itu kami akan menyampaikan ringkasan tentang fenomena tersebut.

Sebetulnya rasa asin pada air laut berasal dara daratan , kronologisnya begini . Pasa saat terjadi hujan didaratan air akan meresap dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai-sungai dam akhirnya mencapai laut . Nah pada saat perjalanan menuju ke laut tersebut air dari daratan juga membawa garam-garam mineral sehinga laut dipenuhi garam-garam mineral.

Kita mengetahui laut mempunyai permukaan yang sangat luas sehingga hal ini menjadi salah satu faktor penguapan yang cukup besar , pada saat air laut menguap yang menguap hanyalah H2O (air )sedang garam garam mineral tetap tinggal bersama air laut , begitulah sehinggga air laut rasanya asin . Kadar keasinan air laut ini dipengaruhi oleh faktor suhu, biasanya semakin panas daerah tersebut air lautnya semakin asin.

Lalu kenapa air di danau itu tidak berasa asin padahal airnya juga dari daratan ? Jawabanya karena permukaan air danau tidak cukup luas sehinggga penguapannya tidak begitu besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih balance dan sumber mineralnya sangat terbatas beda dengan laut yang sumber mineralnya dari berbagai penjuru dunia menjadi satu

4 COMMENT:

  1. oooooWch,,giTo yaCh,,,,thank's to inf0
    rmation nya,,,

    BalasHapus
  2. oooooooooo... begono...
    thanks infonya gann..

    BalasHapus
  3. @Hendri Gunawan :
    Sama-sama gan..

    BalasHapus
  4. @Anonim :
    iya sama-sama..
    Silahkan di buka info yang lain nya..

    BalasHapus