Menurut wikipedia, Jembatan
merupakan satu struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau
rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Ia dibangun
untuk membolehkan laluan pejalan kaki, pemandu kenderaan atau kereta
api di atas halangan itu. Namun seiring berjalannya waktu, pembangunan jembatan
tidak hanya berdasarkan fungsi lagi, namun juga estetika. Seniman
insinyur jembatan dari seluruh dunia berlomba-lomba untuk membuat jembatan yang kuat, tahan
lama, massive, namun juga nyaman digunakan, indah dipandang dan memberi
rasa aman saat melewatinya. Bersama komunikan mari sama-sama kita lihat 9
jembatan tercantik, terkuat dan terawet di dunia.
1. Banpo Bridge (Korea Selatan):
The Fountain Bridge
Pada 9 September 2008, Banpo Jembatan di
Seoul (Korea Selatan) mendapat facelift utama: 10.000 kran air mancur
yang berjalan sepanjang jalan di kedua sisinya. Segera setelah dipasang, jembatan
berubah menjadi wisata utama, sebagai jembatan pompa keluar 190 ton air
per menit dengan menggunakan air dari sungai di bawah ini.
Menjulang tinggi di atas 1.125-ft Tarn
Valley di selatan Perancis, mengemudi di sepanjang Jembatan Millau
dikatakan merasa seperti terbang. Jembatan ini memiliki tinggi sedikit
lebih tinggi daripada menara Eiffel. Walaupun memiliki pemandangan yang
sangat indah, namun jangan berani-berani melintas disini kalau kabut
sudah turun. Jembatan dengan total panjang 8.071-ft dengan span tunggal
terpanjang di 1.122-ft dan maksimum di bawah izin dari 886-ft akan
menjadi mimpi buruk bagi siapapun yang melewatinya didalam kabut.
3. Henderson Waves (Singapura): Most Beautiful Pedestrian Bridge
Pada ketinggian 36 meter atau 12 lantai dari tanah, terpajanglah kelak
kelok Henderson Waves. Jembatan ini merupakan jembatan penyeberangan
tertinggi di Singapura. Jembatan sepanjang 300 meter ini menghubungkan
taman-taman di sepanjang Mount Faber dan Lembah Telok Blangah.
4. Hangzhou Bay Bridge (Cina): World’s Longest Trans-Oceanic
Bridge
Di Teluk Hangzhou telah dibangun trans-oceanic
terpanjang di dunia jembatan, dengan 35.673 kilometer (22 mil)
panjangnya jalur dengan enam tol dalam dua arah.
Jembatan ini dibangun untuk mengatasi
kemacetan lalu lintas di kawasan yang berkembang pesat, memotong waktu
mengemudi antara Shanghai dan Ningbo dari empat sampai dua dan setengah
jam .Akhirnya dibuka untuk umum pada tanggal 1 Mei 2008. Total Investasi
di jembatan itu RMB 11,8 miliar (sekitar US $ 1,4 miliar.)
5. Rolling Bridge (UK): The Bridge that Curls Up on Itself
Dirancang oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge Paddington Basin
terletak di London. Alih-alih sebuah jembatan membuka mekanisme
konvensional yang terdiri dari satu elemen yang mengangkat kaku untuk
membiarkan perahu lewat, Jembatan Gulung membuka dengan meringkuk sampai
kedua ujungnya bersentuhan.
6. Oliveira Bridge (Brasil)
Jembatan Oliviera adalah jembatan pertama di dunia yang berbentuk huruf
“X”. Baik jembatan maupun tiangnya, semua bersilangan dan membentuk
huruf “X”. Memiliki nama resmi: “The Octavio Frias de Oliveira”,
Jembatan di atas Sungai Pinheiros di São Paulo, Brazil ini dibuka pada
Mei 2008. Jembatan ini memili tinggi 138 meter (450 kaki). Designnya
yang unik berhasil mengantarkan jembatan memperoleh banyak penghargaan.
7. Wind and Rain Bridge (China): Dong people’s bridge
Wind and Rain Bridge melambangkan
Arsitektur dari orang minoritas Dong. Wind and Rain Bridge di Diping
adalah yang terbesar dari tipenya yang ada di Propinsi Guizhou, tempat
terbesar Cina kehidupan masyarakat Dong.
Jembatan yang lebih dari 50 meter
panjang dan hal ini pertama kali dibangun pada tahun 1894 selama masa
Dinasti Qing lebih dari 100 tahun yang lalu. Namun, struktur asli hancur
dalam kebakaran besar pada tahun 1959 dan satu pengunjung melihat hari
ini adalah pembuatan kembali yang selesai pada tahun 1964.
8.Tower Bridge (Inggris): Paling Terkenal dan Jembatan cantik
Victoria
Selesai pada tahun 1894 dan dirancang oleh Horace Jones dan Wolfe Barry,
adalah salah satu jembatan yang paling terkenal di London dan salah
satu paling indah di dunia. panjang jembatan 800-kaki memiliki jarak
ruangan 28 kaki ketika tertutup, tetapi menjadi 140 kaki ketika jembatan
membuka untuk memungkinkan kapal-kapal untuk melewatinya.
9. Suramadu Bridge Nasional (Indonesia)
Jembatan Nasional Suramadu adalah
jembatan melintasi Selat Madura, yang menghubungkan pulau Jawa (di
Surabaya) dan pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal),
Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini adalah jembatan
terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan terpanjang di Asia Tenggara
adalah Jembatan Penang di Malaysia. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga
bagian dari jalan layang (jalan lintas), jembatan (jembatan pendekatan),
dan jembatan utama.
Konstruksi jembatan didirikan awal oleh
Presiden Megawati Sukarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan
pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni
2009. Pembangunan jembatan ini dimaksudkan untuk mempercepat
pembangunan di Pulau Madura, termasuk infrastruktur dan bidang ekonomi
di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan dengan daerah lain di
Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun
rupiah.
Membuat jembatan ini dilakukan dari tiga
sisi, kedua sisi Bangkalan dan Surabaya. Sementara itu, pada saat yang
sama juga membuat perkembangan rentang tengah pendekatan jembatan dan
jembatan.
0 COMMENT:
Posting Komentar